Monday, February 23, 2009

Tangga nada Do=C pada Guitar


Tali senar gitar di set standar dengan tujuan agar jangkauan jari-jari dapat dengan mudah menggapai fret dalam memainkan melodi atau tangga nada yang diinginkan.

Mengacu kepada setting standar senar gitar, mulai senar #1 (terkecil): e', b, g, d, A, E, apabila kita ingin mainkan tangga nada do=C, maka nada c adalah terletak pada fret ke III pada senar #5. Kemudian, dengan memanfaatkan fret ke 0 atau (senar dilepas) maka susunan tanggan nada do-re-mi dst diperlihatkan pada gambar diatas).
Dari susunan tangga nada diatas, dapat dilihat bahwa sebenarnya, untuk memainkan melodi atau chord pada gitar, hanya memerlukan paling banyak 4 kolom wilayah fret. Dengan 4 kolom tersebut sudah dapat diperoleh tangga nada dari mi rendah, rampai sol tinggi, atau 2 oktaf lebih.
Susunan melodi tangga nada menggunakan wilayah 4 fret tersebut juga bisa dicoba menggunakan tanpa senar lepas, yaitu di wilayah fret atas, IV, V, VI, VII, dan terjangkau oleh ke-empat jari kita, dst. Selamat mencoba.

2 comments:

  1. Salam kenal....mohon izinkan saya berbagi link buat yg ingin belajar dan memperdalam berbagai tehnik gitar secara lengkap dan mengunduh materi untuk pemula, blues, jazz dlm bhs Indonesia silahkan kunjungi www.gitarzoom.blogspot.com
    trimakasih

    ReplyDelete